Ketatnya Persaingan Lomba Vokal Grup di FSBM XII

Ketatnya Persaingan Lomba Vokal Grup di FSBM XII

Ketatnya Persaingan Lomba Vokal Grup di FSBM XII

 

Sekadau  Hilir, Madah Sekadau - Festival Seni Budaya Melayu(FSBM) XII Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan tangkai lomba vokal grup yang dilaksanakan di aula Penanjung Island, Kec. Sekadau Hilir, Kab. Sekadau, Rabu(8/11). Peserta lomba adalah kelompok vokal yang diutus dari 8 Kabupaten/Kota yang nantinya akan saling unjuk kualitas dalam menampilkan pementasan vokal grup tersebut.

Sebanyak 8 kelompok dari 8 Kabupaten/Kota mengikuti lomba vokal grup diajang FSBM XII tingkat Provinsi Kalimantan Barat, dimana Kabupaten/Kota yang ikut yaitu, Kabupaten Kapuas Hulu, Singkawang, Sintang, Sekadau, Melawi, Sanggau, Sambas dan Bengkayang.

Salah satu juri vokal grup, Rifa’i mengatakan bahwa dari tahun ke tahun peserta terus meningkat dan persaingan antar kabupaten semakin ketat.

“Untuk tahun ini di Sekadau, peserta mengalami peningkatan sangat bagus sekali jadi artinya antar kabupaten semakin ketat persaingannya sehingga tidak adanya kesenjangan lagi antara kabupaten satu dengan kabupaten lain,” Ujar Rifa’i.

Pada lomba vokal grup ini tidak hanya vokal suara saja yang dinilai, namun kreatifitas dalam mengolah suara serta  kemampuan dalam mengaransemen musik yang menjadi kriteria pemenang dalam lomba vokal grup ini.

Kejelian serta keuletan dalam berlatih menjadi faktor utama untuk mematangkan persiapan vokal grup supaya pada saat tampil mereka siap untuk unjuk kualitas dalam bervokal.

Salah seorang  peserta asal Kabupaten Sintang, Gracia sebagai juara pertama dalam lomba vokal grup ini, mengungkapkan bahwa ia sanggat bangga bisa menjadi juara pertama.

“Saya sangat senang dan bangga karena bisa menjadi juara pertama,sebelumya saya tidak yakin bahwa kami bisa menjadi juara dalam lomba ini karena sangat banyaknya saingan dari kabupaten lain tapi saya sangat berterimakasih kepada tuhan bahwa telah memberikan keberuntungan kepada Kabupaten Sintang,” Ungkapnya.

Ada 6 Kabupaten/Kota yang keluar sebagai pemenang dalam lomba vokal grup ini, juara pertama diraih oleh Kabupaten sintang, juara kedua diraih oleh Kabupaten Melawi, juara ketiga diraih oleh Kabupaten Kapuas Hulu, juara harapan satu diraih oleh Kabupaten Sekadau, juara harapan dua diraih oleh Kabupaten Sanggau, dan yang menjadi juara harapan tiga diraih oleh Kota Singkawang. (Madah Sekadau/Rija/Halim)